Sabtu, 30 Maret 2013

“Berlibur ke telaga sarangan”



Liburan setelah melaksanakan ujian nasional, saya isi dengan berlibur bersama teman-teman SMA, jadwal kami adalah  berlibur di  sebuah Telaga tepatnya di “ Telaga Sarangan” yang terletak di daerah Magetan.Kami berangkat dari Jombang sekitar pukul tujuh pagi menempuh perjalanan sekitar tiga  jam,  bisa kurang bisa lebih karena tergantung jalannya. Sampai di Magetan sekitar pukul sepuluh siang. Di sambut dengan dinginnya kota magetan khususnya arah ke tempat wisata Telaga Sarangan, Kami ditawari oleh penduduk setempat untuk menyinap di salah satu villa di sarangan,  kamipun mendapatkan dua kamar untuk sepuluh orang untuk beristirahat selama satu hari.
Sampai di kamar, begitu menginjak lantai  telapak kaki terasa seperti  menginjak lantai yang terbuat dari es ditambah dengan suasana lembab rumah yang seluruh perabotannya jadi dingin semua kalo dipegang.
Malam pertama kami menghabiskan malam dipinggir telaga sarangan dengan semangkok ronde hangat, dan semangkot bakso hangat. Telaga ini bagaikan sumber pencaharian bagi warga sekitar karena dipinggir telaga terdapat pasar tradisional yang menjual berbagai kerajinan tangan, baju kas sarangan, dan sayuran. Banyak juga kuda-kuda, kapal boat yang disewakan untuk para wisatawan yang berkunjung di Telaga Sarangan.
Pagi harinya kamipun galau antara mandi apa tidak soalnya suhu udara disana yang semakin dingin menusuk tulang,  akhirnya keputusan kamipun untuk mandi. Setelah mandi kami menikmati sarapan nasi pecel khas telaga sarangan. Dalam satu porsi terdiri dari : nasi hangat, sayuran rebus, telur mata sapi, tempe goreng tepung, bakwan, diguyur dengan sambal pecel dan diatasnya diberi rempeyek yang renyah.
Setelah puas menyantap nasi pecel kamipun  berjalan-jalan mengintari telaga dihiasi cuaca yang cerah, langit yang berwarna biru dan semilir sejuk angin. Jalan setapak yang mengelilingi telaga sarangan cukup jauh dan melelahkan. Namun hal ini tidak terasa ketika kami menemukan sebuah warung kecil di pinggir jalan untuk menikmati secangkir kopi sambil beristirahat. Setelah cukup beristirahat kami meneruskan berjalan-jalan mengelilingi telaga. Sesekali kami berpapasan dengan para wisatawan yang menyewa kuda.
Setelah hampir mengelilingi telaga, kami berhenti di tepian yang menghadap gunung lawu dan mengambil beberapa foto. Kemudian nonggkrong di tepian telaga sambil menikmati udara pagi yang segar
Kemudian kami berjalan melewati pedagang pusat oleh- oleh khas telaga sarangan seperti brem, kripik dan tentu saja pakaian bergambar telaga sarangan. setelah puas berbelaja oleh-oleh kamipun meneruskan perjalanan menuju ke penginapan untuk berkemas dan melanjutkan perjalanan untuk pulang kerumah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar